Jumat, 29 Juni 2012

RPP Peredaran Darah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

A.    IDENTITAS SEKOLAH
SATUAN PENDIDIKAN                                   :  SMA
KELAS / SEMESTER                             :  XI / II
PROGRAM/ PROG. KEAHLIAN         :  -
MATA PELAJARAN / TEMA                :  BIOLOGI
ALOKASI WAKTU                                :  5 X 45 MENIT ( 3 x PERTEMUAN )

B.     STANDAR KOMPETENSI
3.   Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan / penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas

C.     KOMPETENSI DASAR
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah

D.  INDIKATOR
-          Menjelaskan hubungan antara berbagai komponen darah dan fungsinya
-          Membuat skema proses pembekuan darah
-          Menjelaskan hubungan bagian-bagian jantung dan fungsinya
-          Menjelaskan hubungan struktur pembuluh darah dan fungsinya
-          Menggambarkan lintasan peredaran darah pada manusia
-          Menjelaskan sistem limfe
-          Mendeskripsikan hubungan sistem peredaran darah dan sistem limfatik
-          Mendiskripsikan gangguan/penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia
-          Mendeskripsikan sistem sirkulasi pada hewan invertebrata
-          Membandingkan sistem sirkulasi pada hewan-hewan vertebrata

E.     TUJUAN PEMBELAJARAN
-          Siswa dapat menjelaskan hubungan antara berbagai komponen darah dan fungsinya
-          Siswa dapat membuat skema proses pembekuan darah
-          Siswa dapat menjelaskan hubungan bagian-bagian jantung dan fungsinya
-          Siswa dapat menjelaskan hubungan struktur pembuluh darah dan fungsinya
-          Siswa dapat menggambarkan lintasan peredaran darah pada manusia
-          Siswa dapat menjelaskan sistem limfe
-          Siswa dapat mendeskripsikan hubungan sistem peredaran darah dan sistem limfatik
-          Siswa dapat mendiskripsikan gangguan/penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia
-          Siswa dapat mendeskripsikan sistem sirkulasi pada hewan invertebrata
-          Siswa dapat membandingkan sistem sirkulasi pada hewan-hewan vertebrata
F.      PENGEMBANGAN KARAKTER
  1. Jujur
  2. Kerja keras
  3. Toleransi
  4. Rasa ingin tahu
  5. Komunikatif
  6. Menghargai prestasi
  7. Tanggung Jawab
  8. Peduli lingkungan

G.    MATERI PEMBELAJARAN


 

SISTEM PEREDARAN DARAH

            Tahukah kamu bahwa  didalam tubuh terdapat lebih kurang lima liter darah yang mengalir tiada henti? Darah adalah sungai kehidupan dalam tubuh kita. Jika kita kehilangan banyak daraah, maka nyawa kita akan terancam, bahkan dapat mengakibatkan kematian.
            Darah mempunyai banyak fungsi vital, mulai dari sebagai ‘kendaraan’ hormone, oksigen, hingga limbah metabolism. Darah juga bisa membunuh bibit penyakit. Apabila aliran darah ke otakmu terganggu, dalam sepuluh detik kamu akan pingsan.
            Dalam hidupnya, organism memerlukan makanan dan oksigen untuk melangsungkan metabolisme. Proses metabolism, selain menghasilkan sampah (zat sisa) yang harus dikeluarkan dari tubuh. Bahan-bahan yang diperlukan tubuh seperti makanan dan oksigen serta hasil metabolism dan sisa-sisanya, diangkt dan diedarkan di dalam tubuh melalui sistem peredaran darah. Hasil pencernaan makanan dan oksigen diangkut dan diedarkan oleh darah ke seluruh jaringan tubuh dan sebaliknya.
A.    Peredaran darah pada manusia


Ada dua macam peredaran darah dalam tubuh manusia.peredarah darah dari bilik kanan jantung menuju paru-paru melewati arteri pulmonalis dan kembali ke serambi kiri jantung melewati vena pulmonalis disebut peredaran darah kecil. Sedangkan peredaran darah dari bilik kiri jantung ke seluruh tubuh melalui aorta dan akhirnya kembali ke serambi kanan jantung melalui vena kava disebut peredaran darah besar. Oleh karena pada manusia terdapat dua macam peredarah darah tersebut, maka manusia dikatakan memiliki peredaran darah ganda.

B.     Peredarah darah hewan
Pada hewan metazoan (bersel banyak) tingkat tinggi, seperti juga manusia, peredaran darahnya melalui pembuluh. Sistem transportasi hewan metazoan disusun oleh organ-organ berupa jantung, pembuluh darah, dan darah.
Pada hewan tingkat tinggi terdapat dua tipe sistem peredaan darah, yaitu sistem peredaran darah terbuka dan sistem peredaran darah tertutup. Sistem peredaran darah pada vertebrata dibedakan menjadi dua macam, yakni sistem peredaran darah dan sistem limfatik (peredaran getah bening). Sistem sirkulasi pada vertebrata ada dua macam, yaitu sistem peredaran darah terbuka pada limfa fan sistem darah tertutup pada darah.
Sistem peredaran darah pada invertebrate berbeda dengan vertebrata dalam hal ada tidaknya pusat koordinasi peredaran. Pada invertebrate tidak dijumpai suatu pusat koordinasi peredaran.

H.    ALOKASI WAKTU
1.      7 x 45 menit (4 x pertemuan) Jumlah pertemuan 7 x 45 menit dialokasikan untuk 4 kali pertemuan
2.      Pertemuan 1 : mencapai indikator 1,2 dan 8
Pertemuan 2 : mencapai indikator 3,4 dan 5
Pertemuan 3 : mencapai indikator 6 dan 7
Pertemuan 4 : mencapai indicator 9 dan 10

I.       METODE PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
1.      Model Pembelajaran   :  Langsung menggunakan media (gambar)
2.      Metode Pembelajaran : 
a.      Ceramah
b.     Penugasan
c.      Presentasi
d.     Tanya jawab

Pertemuan kedua
1.      Model Pembelajaran  : Langsung (dengan torso)
2.      Metode Pembelajaran :
a.       Ceramah
b.      Penugasan
c.       Tanya jawab

Pertemuan ketiga
1.      Model Pembelajaran : Langsung dan Kooperatif tipe berbasis masalah
2.      Model Pembelajaran :
a.       Ceramah
b.      Mengumpulkan data
c.       Eksperimen
d.      Hipotesis
e.       Pemecahan masalah
f.       Tanya jawab

Pertemuan keempat
3.      Model Pembelajaran : Langsung dan Model Bertukar Pasangan
4.      Model Pembelajaran :
a.       Ceramah
b.      Berdiskusi
c.       Presentasi
d.      Berdiskusi

J.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama
1.      Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·         Guru mengucapkan salam
·         Guru mengabsen siswa
·         Guru melakukan apresiasi dan motifasi siswa (apa yang dimaksud dengan peredaran darah?)
·         Guru menuliskan topik pembelajaran di papan tulis
·         Guru membacakan topik pembelajarannya

2.      Kegiatan inti ( 70 menit )
Ø  Eksplorasi (15 menit)
·      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan sesuai dengan indikator.
Ø  Elaborasi (45 menit).
·      Guru menugaskan kepada para siswa untuk mendiskusikan materi yang diberikan oleh guru sesuai dengan indikator.
·      Guru sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi devisi dan mengecek lembar observasi.
Ø  Konfirmasi (10 menit)
·      Guru menugaskan perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
·      Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak diketahui siswa.
3.      Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·         Guru membimbing siswa menyimpulkan semua materi mengacu pada indikator atau tujuan.

Pertemuan kedua
1.      Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·         Guru mengucapkan salam
·         Guru mengabsen siswa
·         Guru melakukan apresiasi dan motifasi siswa (apa yang dimaksud dengan pembekuan darah?)
·         Guru menuliskan topik pembelajaran di papan tulis
·         Guru membacakan topik pembelajarannya

2.      Kegiatan inti ( 70 menit )
Ø  Eksplorasi (15 menit)
·      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan sesuai dengan indikator.
Ø  Elaborasi (45 menit).
·      Guru menugaskan kepada para siswa untuk mendiskusikan materi yang diberikan oleh guru sesuai dengan indikator.
·      Guru sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi devisi dan mengecek lembar observasi.
Ø  Konfirmasi (10 menit)
·      Guru menugaskan perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
·      Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak diketahui siswa.
3.      Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·         Guru membimbing siswa menyimpulkan semua materi mengacu pada indikator atau tujuan.

Pertemuan ketiga
1.      Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·         Guru mengucapkan salam
·         Guru mengabsen siswa
·         Guru melakukan apresiasi dan motifasi siswa (apa yang dimaksud dengan sistem limfa?)
·         Guru menuliskan topik pembelajaran di papan tulis
·         Guru membacakan topik pembelajarannya

2.      Kegiatan inti ( 70 menit )
Ø  Eksplorasi (15 menit)
·      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan sesuai dengan indikator.
Ø  Elaborasi (45 menit).
·      Guru memberikan masalah : “Apa perbedaan sistem limfa dan sistem limfatik?”
·      Guru membantu siswa mengumpulkan informasi yang sesuai, mengeksperimenkan data, pengumpulan data, hipotesis dan pemecahan masalah.
·      Guru sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi devisi dan mengecek lembar observasi.
Ø  Konfirmasi (10 menit)
·      Guru menugaskan perwakilan siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
·      Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak diketahui siswa.
3.      Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·         Guru membimbing siswa menyimpulkan semua materi mengacu pada indikator atau tujuan.

Pertemuan keempat
1.      Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·         Guru mengucapkan salam
·         Guru mengabsen siswa
·         Guru melakukan apresiasi dan motifasi siswa (apa perbedaan dari sistem sirkulasi pada vertebrata dan pada invertebrata?)
·         Guru menuliskan topik pembelajaran di papan tulis
·         Guru membacakan topik pembelajarannya

2.      Kegiatan inti ( 30 menit )
Ø  Eksplorasi (5 menit)
·      Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan disampaikan sesuai dengan indikator.
Ø  Elaborasi (10 menit).
·      Guru membentuk pasangan berdasarkan teman sebangku yang terdiri dari 2 orang.
·      Guru menugaskan setiap siswa pada setiap kelompok
Siswa pertama : “Jelaskan sistem sirkulasi pada hewan vertebrata!”
Siswa kedua    : “Jelaskan sistem sirkulasi pada hewan vertebrata!”
·      Guru sebagai fasilitator, motivator, moderator dalam diskusi devisi dan mengecek lembar observasi.
Ø  Konfirmasi (10 menit)
·      Guru menugaskan setiap pasangan untuk bertukar untuk bertukar pasangan dengan pasangan lain.
·      Setiap siswa berdiskusi kembali dengan pasangan barunya tentang materi yang telah didiskusikan sebelumnya.
·      Siswa bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang tidak diketahui siswa.
3.      Kegiatan Akhir ( 10 menit )
·         Guru membimbing siswa menyimpulkan semua materi mengacu pada indikator atau tujuan.

K.    SUMBER PEMBELAJARAN
-          Buku kerja Biologi 2A, Lgn, Kristiyono, Esis
-          Buku Biologi XI, Dyah Aryulina dkk, Esis, Bab V
-          Koran, majalah , jurnal buku, sumber, dan invormasi.
-          Hewan vertebrata

L.     PENILAIAN PEMBELAJARAN
            Pertemuan Pertama
            Tehnik penilaian pada saat proses diskusi yaitu dengan mengikuti poin-poin yang mencakup nilai kognitif, afektif, serta psikomotor
1.       Jenis tugas evaluasi : tertulis esay
2.       Alat penilaian : soal dan kunci jawaban
a.       Proses
·         Lembar observasi
Hari/ Tanggal         :
Kelas/Semester      : XI / 2


Aspek yang dinilai
NILAI
NO
NAMA SISWA
Kognitif
Afektif
Psikomotor



KB
KM
KMn
KK
D
S
A
So
Trtb
Keb
1.
A











2.
B











3.
C











4.
D











5.
E











6.
F












KETERANGAN :
KB      : kemampuan bertanya                        S          : sikap
KM      : kemampuan menjawab                      A         : aktiv
KMn    : kemampuan menerima                     
KK      : kemampuan kerja sama
D         : disiplin








I. LEMBAR TUGAS SISWA
Pertemuan pertama
Gambar lintasan peredaran darah pada manusia.


SOAL
1.      Jelaskan sistem peredaran darah yang terjadi!
2.      Sebutkan nama setiap organ yang dilalui oleh darah!

RUBRIK PENILAIAN
NO
Deskription
skor
1
 Jika lembar jawaban kosong
0
2
 Jika lembar jawaban salah dengan bahasa yang baik
5
3
 Jika jawaban kurang lengkap dengan bahasa  baik dan
10

 benar / tidak

4
 Jika  jawaban benar / lengkap dengan bahasa kurang baik
15
5
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa baik dan benar
 20






























I. LEMBAR TUGAS SISWA
Peredaran Darah Katak


A.    Tujuan
Mengamati peredaran darah pada katak

B.     Alat dan Bahan
1.      Kecebong katak hijau
2.      Kapas
3.      Mikroskop
4.      Cawan petri/kaca objek cekung
C.    Cara kerja
1.      Siapkan mikroskop dan kecebong yang akan diamati.
2.      Siapkan sebuah cawan petri yang didalamnya diberi kapas basah.
3.      Letakkan kecebong diatas kapas dan amati dengan mikroskop pada bagian ekor.
Perhatikan jalannya alira darah!

D.    Pertanyan
1.      Bagaimanakah aliran darah pada katak, menyebar atau terletak di tempat tertentu?
2.      Menurutmu, termasuk sistem peredaran darah apakah hal di atas, terbuka atau tertutup?
3.      Gambarkan secara skematis sistem peredaran darah katak dan keadaan jantungnya!
4.      Bagaimanakah kandungan oksigen dan karbon dioksida pada darah katak ketika berada di jantung dan di paru-paru? Jelaskan!
5.      Apakah perbedaan antara peredaran darah katak dan peredaran darah belakang?

RUBRIK PENILAIAN
NO
Deskription
skor
1
 Jika lembar jawaban kosong
0
2
 Jika lembar jawaban salah dengan bahasa yang baik
5
3
 Jika jawaban kurang lengkap dengan bahasa  baik dan
10

 benar / tidak

4
 Jika  jawaban benar / lengkap dengan bahasa kurang baik
15
5
Jika jawaban benar / lengkap dengan bahasa baik dan benar
 20























PENILAIAN HASIL BELAJAR
   (Evaluasi Akhir/Ulangan Bab)
(1)  Tehnik     : Tes
       Ragam     : Tes tertulis – Pilihan ganda + uraian

(2)  Butir soal :
1. Komponen darah yang berfungsi mengangkut oksigen dan karbon dioksida adalah . . .
            a. Limfosit                                           b.Eritrsosit
            c. Trombosit                                        d. Leukosit
2. Selaput luar pembungkus jantung adalah . . .
            a. Perikondria                                      b. Perikardia
            c. Pleura                                              d. Endokardia
3.Kemampuan sel darah putih untuk keluar dari pembuluh darah disebut . . .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

semoga bermanfaat.... kalo ada yang salah,, mungkiin ada kritik dan sebagaiinya.. komenn aja, sebagai masukan. terima kasih.